melahirkan normal tanpa rasa sakit
melahirkan normal tanpa rasa sakit

Pengalaman Dan Tips Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Diposting pada
Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit
Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

Melahirkan secara normal tanpa rasa sakit bisa jadi merupakan impian setiap ibu saat kehamilan. Ketika sudah menikah, pasangan suami istri tentunya menginginkan seorang anak yang akan melengkapi kehidupan mereka. Tetapi tidak sedikit juga dari mereka yang merasa takut ketika akan melahirkan, apalagi jika mengharapkan untuk lahir secara normal. Berikut ini beberapa pengalaman dan tips melahirkan untuk anda para ibu yang ingin melahirkan;

1. Diskusikan Dengan Pasangan Dan Cari Informasi Seputar Cara Melahirkan
Mendiskusikan dengan pasangan tentang jalan apa yang akan diambil ketika akan melahirkan sang bayi adalah hal yang sangat penting. Misalnya saja ketika anda ingin mengambil jalan melahirkan secara normal, maka ada beberapa hal yang harus ditimbang. Jika sudah yakin, cari informasi seputar induksi dan epidural, entah itu dari prosedurnya atau efek samping obat – obatan yang akan digunakan. Untuk menenangkan, anda juga bisa mencari informasi apa saja keuntungan melahirkan secara normal. Informasi bisa didapat dari dokter, beberapa ibu yang memiliki pengalaman melahirkan normal, atau dari internet.

2. Buat Rencana Proses Persalinan Anda
Tahukah anda birthing plan? Birthing plan merupakan secarik kertas yang berisi tentang rencana dan apa saja yang anda ingin lakukan ketika akan melahirkan. Misalnya saja seperti “saya ingin persalinan saya secara natural dengan bantuan dokter A atau bidan B”. Atau anda bisa memilih beberapa keinginan yang lain seputar dengan proses persalinan anda.

BACA JUGA  Yuk Kenali Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar ! Ternyata Bisa Diketahui Sejak Dini Lho Bunda

3. Siapkan Diri Anda
Jika anda sudah menyiapkan dua hal tersebut, maka saatnya untuk mempersiapkan diri anda sendiri. Hal pertama, pastikan untuk yakin bahwa proses persalinan akan berjalan dengan baik. Kemampuan diri ketika sedang menjalani proses persalinan merupakan salah satu bekal untuk melahirkan normal tanpa jahitan atau menggunakan prosedur di luar itu. Biasanya ada beberapa cara seperti pijatan perinium yang biasanya dilakukan ketika akhir trisemester ketiga, atau juga yang melewati proses senam kagel yang akan melatih otot dilubang pengeluaran.

4. Memilih Tempat Yang Tepat
Memilih tempat yang tepat juga bisa menjadi hal yang sangat penting ketika akan melakukan persalinan. Bahkan untuk mewujudkan persalinan secara normal, anda harus memilih tempat yang sesuai dan bagus. Memang untuk menajalani proses normal harusnya sesuai dengan kesehatan anda dan janin. Hanya saja anda tetap membutuhkan tempat yang nyaman untuk membantu tetap rileks dalam proses persalinan dengan lancar. Pilih tempat yang dapat membuat anda dapat bergerak bebas, misalnya saja tempat tidur yang tidak terlalu sempit dan mengganggu proses persalinan. Suasana yang tidak terlalu ramai agar anda rileks, jika anda tidak apat merasa rileks maka akan memicu kecemasan yang berlebihan dan mengakibatkan terganggunya proses persalinan anda.

5. Jangan Merasa Lelah Berlebihan Menuju Persalinan
Ada baiknya menghindari aktivitas yang terlalu berlebihan ketika anda memasuki bulan akhir kehamilan yang mendekati persalinan anda. Gunakan waktu istirahat yang cukup dengan menjaga asupan nutrisi dengan makanan yang memiliki kandungan kalori untuk energi ekstra menjelang persalinan.

6. Melakukan Gerakan Ringan
Pengalaman dan tips melahirkan secara normal selanjutnya adalah melakukan gerakan ringan dengan tujuan untuk melatih otot. Gerakan ringan yang sering dilakukan pada trisemester akhir dengan melakukan gerakan kepala, dahi, dan juga hidung sehingga dapat menyentuh lantai. Begitu juga tangan, lutut, dan jari kaki yang juga menyentuh lantai. Hal tersebut akan membantu bayi anda untuk memasukki posisi terbaik dan mendorong bayi sehingga akan meminimalisir keadaan sungsang ketika lahir. Melakukan gerakan tersebut juga akan membantu menghindari kaki bengkak setelah melahirkan. Lakukan juga aktivitas di rumah dan berjalan semampu anda. Ketika melakukan posisi jongkok ada baiknya menggunakan bantuan dan berpegangan pada benda yang kuat di samping anda.

BACA JUGA  6 Tips Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

7. Menggunakan Aromaterapi
Sebenarnya menggunakan aromaterapi ketika hamil besar dilakukan ketika pemijatan perineum. Gunakan minyak zaitun atau minyak aromaterapi untuk membantu otot lebih renggang dan membuat suasana menjadi lebih nyaman lagi dan membuat ketenangan ketika akan melahirkan. Ketenangan menjadi hal yang sangat penting untuk anda yang memilih prsoes pesalinan normal, hal tersebut akan meminimalisir jahitan ketika proses persalinan.

8. Gunakan Bahan Alami Untuk Peregangan
Ketika proses persalinan anda membutuhkan beberapa bahan alami yang dapat digunakan peregangan dan membantu proses persalinan. Anda dapat mengkonsumsi alpukat dan minyak zaitun untuk meregangkan kulit anda pada bagian dalam, ini juga termasuk tips agar cepat melahirkan. Atau anda juga dapat mengkonsumsi teh daun raspberry selama trisemester terakhir 2 cangkir setiap harinya, hal tersebut akan membantu kontraksi lebih produktif.

9. Hindari Mengangkat Bokong
Selanjutnya, ada baiknya untuk menghindari mengangkat bokong ketika proses persalinan, sebab hal tersebut membuat robekan pada jalan lahir bayi yang lebih luas. Jika bokong anda terangkat maka tidak akan ada penyangga yang menyebabkan otot mudah terkoyak. Jadi, usahakan untuk tidak mengangkat bokong agar tidak menambah rasa sakit.

10. Gunakan Pernafasan Ketika Kontraksi
Ketika sedang kontraksi untuk melahirkan atau sudah ada tanda tanda melahirkan sudah dekat, nafas akan menjadi sahabat terbaik anda. Biasanya ketika mengikuti kelas hamil bernafas adalah hal yang disarankan ketika akan melahirkan. Bernafas dengan baik dan benar akan sangat membant anda untuk mengendalikan rasa sakit yang sedang dialami. Tidak hanya itu, anda juga akan menjadi lebih tenang sehingga bayi anda juga akan merasakan pengalaman kelahiran yang menyenangkan dan menenangkan.

BACA JUGA  Cara Menurunkan Panas Anak

11. Teriakan Vibrasi
Beberapa ibu yang akan melakukan proses pesalinan biasanya tidak kuat dengan rasa sakit yang dihadapi dan akan menggunakan teriakan untuk mengurangi rasanya. Namun ketika anda ingin berteriak kendalikan suara anda. Hindari teriak dengan kencang secara histeris, sebab hal tersebut akan menguras tenaga anda. Bukan hanya itu, orang disekitar dan bayi anda juga akan terpengaruhi dengan teriakan yang dilakukan.

Alihkan energi anda untuk berteriak dengan huruf vocal A atau O dan keluarkan secara lembut agar energi anda tetap terjaga dan proses persalinan menjadi lebih tenang lagi. Mungkin memang terdengar aneh, namun hal tersebut sudah terbukti ampuh dan banyak dilakukan oleh ibu – ibu yang akan melahirkan secara normal.

Bagi anda yang beragama Islam, dianjurkan untuk mengamalkan doa agar cepat melahirkan sebagai berikut:

doa agar cepat melahirkan
bacaan doa agar cepat melahirkan

Latinnya : “Hannaa Waladat Maryama, Wa Maryama Waladat ‘Iisaa, Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma’buudi.“
Artinya : “ Hanna melahirkan Maryam, dan Maryam melahirkan ‘Isa. Lahirlah hai anak atas karena kekuasaan Allah. “

Anda bisa membaca doa di atas ketika pagi hari saja, khususnya yang memang sudah benar-benar siap mental. Selain doa tersebut, Anda juga sebaiknya melakukan amalan-amalan yang baik di usia kehamilan trimester tiga seperti membaca shalawat Nabi, istighfar, hamdalah, takbir, dan tahmid setiap selesai sholat fardlu sebagai bentuk dzikir dan menambah kekuatan mental Anda.

Itulah beberapa pengalaman dan tips melahirkan yang bisa anda dapatkan dan bisa anda ikuti langkahnya. Pastikan untuk terus berkonsultasi dengan dokter, mencari informasi sebanyak – banyaknya atau mungkin melihat beberapa video melahirkan normal tanpa rasa sakit di internet yang akan memberikan anda motivasi agar lebih kuat. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Simak video melahirkan normal tanpa rasa sakit berikut ini:

 

Tinggalkan Balasan