Tutorial Gendongan Jarik Slipknot yang lagi Nge-Hits 2017

Posted on

Tutorial Gendongan Jarik kali ini Bubund tulis sebagai ungkapan terima kasih dan ingin berbagi dengan bunda-bunda semua tentang alat gendong tradisional ini.

Siapa sih yang tidak mengenal jarik? Alat gendong tradisional yang telah dipakai dari sejak mbah-mbah dahulu, dengan motif batiknya yang khas. Selendang, begitu di tempat kelahiran Bubund menyebutnya.

Tutorial Gendongan Jarik Slipknot
Tutorial Gendongan Jarik Slipknot

Awalnya, Bubund tidak berani menggunakan gendongan jarik. Takut melorot, hadeeh. Sudah beberapa kali diajari oleh mbah Putri (ibunda Bubund), tapi nggak tahu mengapa rasanya masih kurang nyaman. Yang ada anaknya malah rewel kalau Bubund gendong pakai jarik. Duh!

Padahal kalau diperhatikan tutorial ala mbah Putrinya anak-anak itu ya mudah loh, anak juga nyaman-nyaman saja digendong mbah Putrinya. Tapi kenapa kalau digendong Bubund malah jadi rewel? Why oh why??? ๐Ÿ˜ฅ

Akhirnya pakai gendongan instant itu saja. Sempat gonta-ganti, mencari mana yang nyaman dan cocok untuk anak. Gendongan X cocok dan nyaman ketika dipakai menggendong kakak yang berusia 2 tahun,tapi tidak cocok dan nyaman untuk adeknya yang masih bayi. Gendongan Y cocok dan nyaman ketika dipakai menggendong adek bayi,tapi tidak cocok dan nyaman untuk kakaknya. Jadi Bubund harus beli berapa gendongan? Belum lagi harga gendongan yang bagus itu tidak murah. Anak-anak juga Alhamdulillah dari hari ke hari makin bertambah berat badannya, nggak sanggupp. Dan kalau jalan-jalan harus bawa berapa gendongan? Belum lagi kalau bawa stroller. Riweuh buund. Dan itu artinya, budget buat membeli gendongan membengkak juga kan, gagal hemat. ๐Ÿ˜ญ

Gendongan jarik hits 2017
Gendongan jarik hits 2017

Curhat ke mbah Putri, diajarin lagi pakai gendongan jarik. Lengkap dengan nasihat jarik plus-plusnya. Ini nyaman buat kakak dan adek, bonding yang tercipta lebih kuat soalnya anak serasa dalam dekapan dan merasakan detak jantung orang tuanya. Tidak ribet kalau dibawa bepergian, tinggal dilipat dimasukin ke tas, simple. Kalau malu pakai yang motif batik ala jadul, kan sekarang kain-kain yang motifnya bagus, bikin. InsyaAlloh nyaman. Pundak nggak pegel, masak mamah muda ngakunya gawul kok baunya balsem terus? (Yang ini entah korelasinya dimana. Habis enak kalau pegel terus diolesin yang hangat-hangat semacam balsem ๐Ÿ˜…) Begitu kurang lebih nasehat beliau.

BACA JUGA  Mutiara Kata Ucapan Ulang Tahun Untuk Anak Perempuan

Tidak ada salahnya dicoba bukan? Daripada pundak makin bertambah pegal? Akhirnya menemukan di salah satu instagram artis, dia sedang menggendong bayinya dengan jarik. Terinspirasi dong Bunbund. Dikepoin deh itu mbak artis, belajar ngegendong dedek bayik seperti itu belajar darimana? Plus minusnya, dan lain-lain. Hingga mengantarkan Bubund mengenal Indonesian Baby Weares dan belajar Tutorial Gendongan Jarik yang nyaman untuk anak.

Bubund juga akan berbagi bagaimana sih Tutorial Gendongan Jarik ini. Oiya, sebelumnya. Ini namanya gendongan Slipknot atau gendongan simpul jangkar. Tangan bebas bergerak bahkan ketika si kecil dalam gendongan. Jadi kalo diajak belanja, yippie! Tangan bisa melenggang bebas milih-milih baju eh ๐Ÿ™Š sayur dan buah ding, tanpa khawatir adek jatuh.

Cara membuat simpul jangkar gendongan jarik slipknot
Cara membuat simpul jangkar gendongan jarik slipknot

Tutorial Gendongan Jarik Slipknot
1. Siapkan selembar jarik gendong
2. Rapikan salah satu ujungnya, dan letakkan di atas pundak.
3. Rapikan bagian belakangnya.
4. Ambil bagian jarik di ujung satunya dan buat simpul jangkar atau slipknot di depan dada. Rapikan.
5. Gendong si kecil dan rapikan lagi hingga si kecil terasa nyaman, pas dalam gendongan kita.vc
6. Sip! Yuk siap pergi ke pasar. Belanja dek!

Mudah bukan Tutorial Gendongan Jarik Slipknotnya. Bahkan Ayah saja juga suka loh, kata beliau nyaman. Nggak cepat pegal meski gendong kakak. Bunda masih bingung? Ini Bubund sertakan juga videonya agar semakin mudah dipahami.

Di komunitas tersebut ada baaaanyak macam cara menggendong. Mungkin lain kali Bubund buat lagi Tutorial Gendongan Jarik verai yang lain. Yang setuju angkat tangannya! Eh share dan komentar di kolom komentar ding. Jadi bisa dipilih mana yang bunda rasa nyaman diaplikasikan ketika dipakai menggendong sang buah hati.

BACA JUGA  9 Fakta Anak Pertama Perempuan

Love, Bubund