Cuma 5 Menit!! Tips Asyik Menata Rumah Biar Kamu Selalu Betah

Diposting pada
Menata rumah berantakan
Menata rumah berantakan, via http://www.dadto3.com

Holaaaaa siapa yang suka menunda pekerjaan beres-beres rumah? Cung 🙋!

Selama ini, kegiatan beberes dan berbenah rumah adalah serangkaian kegiatan yang sering Kamu lewatkan. Ngaku deh. Kamu, iya kamu, termasuk Kamu juga kan? #TunjukHidung Sendiri. Hehehe. Padahal nih, kalau Kamu tahu ya, berbenah berbenah rumah itu kalau dilakukan dengan benar justru menjadi sarana untuk merileksasikan diri loh. Kok bisa? Bisa dong. Jadi begini, dengan membereskan dan membenahi rumah atau kamar kamu yang berantakan, ruangan yang bersih dan tertata rapi akan mempengaruhi pikiran kita menjadi lebih tenang dan lapang. Mau mencoba? Berikut tips berbenah mengasyikkan yang bisa kamu tiru.

1.Berniat dengan sungguh-sungguh serta memvisualisasikan tujuanmu menata rumah

Visualisasikan tujuan merapikan rumah
Visualisasikan tujuan merapikan rumah, sebelum dan sesudah dibereskan, via http://www.galathome.com

Sebelum melakukan kegiatan, bacalah doa sesuai agama dan keyakinan masing-masing. Hembuskan nafas pelan dan halus berulang 3x, dan bayangkan tujuanmu kenapa sih kamu harus berbenah kamar ini? Apa yang ingin kamu capai dengan kegiatan berbenahmu kali ini? Apakah sebatas agar kamar lebih rapi? Atau ingin ganti suasana kamar? Ingin ganti tema kamar?

Sederhana nya begini deh. Dimulai dari kamar tidur kamu ya. Sekarang kamu bayangin nih seandainya kamu habis bepergian jauh atau pulang kerja. Pikiran sudah suntuk sumpek habis berpeluh-peluh di luar sana, dan begitu masuk kamar? Jeng jeeeeeng kamarmu amburadul berantakan seperti kapal pecah.

Apa yang kamu rasakan?

Suasana kamar seperti apa sih yang kamu bayangkan untuk tempatmu istirahat? Pasti langsung ada bayangan kan? Nah tulis tuh biar enggak lupa. Dan yuk cus kita lakukan. Posisi kamar tidur enaknya digeser kesini nih, lemari baju agak geser kesana, ih warna kayu cermin nya dicat putih bagus nih. Cus, lakukan! Asyik kan?

2.Menyediakan waktu KHUSUS untuk berbenah!

waktu khusus menata rumah
waktu khusus menata rumah, via http://www.rockingmama.id

Karena disini berbenah itu kita asumsi kan sebagai kegiatan yang menyenangkan, kegiatan untuk merileksasikan diri agar pikiran tenang dan lapang, maka kita akan membagi-bagi waktunya.

BACA JUGA  Menerapkan Konsep Shabby Chic di Hunian Dengan Lahan Terbatas? Berani Coba?

Berbenah Harian. Biasakan untuk membuka jendela-jendela setiap pagi agar sirkulasi udara rumah bagus, kalau sirkulasi udara bagus kan jumlah debu di ruangan juga berkurang. Rapikan sprei, bantal, guling, kasur. Ditepuk-tepuk ringan seperti saat memakai face tonic, eh. Dibersihkan dengan sapu lidi kecil. Lantainya disapu, simpel kan?

Berbenah Mingguan. Membersihkan kamar mandi, ya lantainya disikat, buang sampah rambut dari saluran air, kloset digosok. Ngepel lantai rumah juga. Juga ganti sprei beraih. Setrika baju-baju yang sudah kering. Eh, kalau cuci setrika tuh sebenarnya enaknya selang-seling sih biar enggak numpuk. Senin cuci, selasa setrika, rabu cuci, kamis setrika, begitu saja terus.

Berbenah Bulanan. Bersihkan kaca jendela dan cermin yang ada di rumah agar kembali bersih. Lap meja kursi, ganti keset depan pintu, juga cabutin rumput. Tambahan lagi, di musim penghujan seperti ini sekalian cek genting yang geser atau bocor juga bersihkan talang saluran air.

Tips untuk berbenah bulanan adalah, lakukan acara berbenah ini di sekitar tanggal 2-5 awal bulan. Mumpung habis gajian jadi hati masih adem ayem dan bawaannya masih happy terus. Hahaha.

Dengan membagi-baginya menjadi hari khusus berbenah, kamu tidak akan merasa bahwa beberes dan berbenah adalah sebuah rutinitas yang blas enggak ada asyik-asyiknya.

3.Berbenah secara tuntas dan tegas sesuai urutan

merapikan rumah sesuai urutan pekerjaan
merapikan rumah sesuai urutan pekerjaan, Via https://veientiletbedreliv.wordpress.com

Seringkali begini, hari ini kita sudah berbenah. Belum juga selesai, eh besok sudah berantakan lagi. Kan bikin kezel dan keluar tanduknya #HidungnyaNgepulAsap. Nah, tipsnya adalah berbenahlah sesuai urutan berikut. Cataaaaat.

  • Pakaian. Meliputi atasan, bawahan, rok, celana, dress, jaket, tas, topi, dan sepatu
  • Buku-buku
  • Kertas. Meliputi selebaran, koran, tagihan, surat, kartu garansi, dan buku manual
  • Pernak-pernik
  • Benda-benda sentimental. Meliputi barang-barang yang punya kenangan, atau hadiah

Berbenah lah sesuai urutan tersebut. Caranya bagaimana? Urutan pertama adalah berbenah pakaian. Kumpulkan saja semua pakaianmu dalam satu ruangan. SEMUA. Kosongkan saja dahulu lemari pakaian. Setelah terkumpul, perhatikan pakaianmu dengan baik-baik, apakah baju-baju tersebut membuatmu bahagia atau tidak? Yang membuatmu bahagia berarti layak disimpan, sedangkan yang tidak artinya kamu harus rela dan ikhlas untuk membuang atau menyumbangkannya.

Lakukan cara yang sama terhadap urutan-urutan berikutnya. Membuatmu bahagia = pertahankan, dan tidak membuatmu bahagia = dibuang/disumbangkan. Prinsip ini bisa diterapkan juga untuk move on dari mantan. Eh.

BACA JUGA  10+ Ide Kreatif Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

4.Berkomitmen, membuang, dan tidak memulai dari benda-benda sentimental

Komitmen menata rumah
Benda-benda sentimental, via http://www.flipgram.com

Penting nih. Komitmen adalah kunci sukses acara berbenahmu. Enggak capek apa kalau harus mengulang lagi-mengulang lagi kegiatan itu. Apalagi kalau kami berpikiran untuk berbenah sedikit demi sedikit, wiiiiiis dijamin nggak kelar-kelar sampai Biksu Tong Sam Chong gondrong.

Dan kegiatan membuang juga menjadi kunci juga. Nih ya, saat kamu berbenah, kemungkinan kamu akan banyak menemukan barang yang sesungguhnya tidak kamu butuhkan, sudah tidak kamu butuhkan, dan barang yang sudah layak dibuang. Jangan sampai kamu berpikiran, ah nanti kapan-kapan aku butuhin kok. Yang ada kamu sering lupa atau melewatkannya. Pantes kan kalau kamar kamu jadi sumpek? Alangkah lebih baik jika benda-benda yang sebenarnya tidak kamu butuhkan itu dipakai oleh orang-orang yang lebih membutuhkan kan? Daripada kamu tangisin tiap malam, mending boneka dari mantan yang tinggi banget, setinggi bualan mantan itu kamu sumbangkan ke panti asuhan. Anak-anak disana juga pasti seneng. Lebih berfaedah.

Oiya, tips penting nih. Jangan sekali-kali memulai acara berbenah rumah dari benda-benda yang memiliki nilai sentimental bagi kamu. Selain butuh waktu yang luaaaaama sekali untuk memutuskan, juga efektif untuk membuatmu mager dan melow untuk melanjutkan acara beberes dan berbenah.

5.Mengorganisasi barang-barang dengan rapi agar mudah ketika dicari

wadah penyimpanan barang
solusi wadah penyimpanan barang, via via http://www.opening-doors.us

Sediakan box berbagai ukuran. Jika tidak ada bisa menggunakan kardus. Kamu labeli wadah-wadah tersebut sesuai benda atau barang-barang yang kami masukkan ke dalamnya agat kamu tidak kebingungan ketika ingin membutuhkan.

BACA JUGA  Menerapkan Konsep Shabby Chic di Hunian Dengan Lahan Terbatas? Berani Coba?

Nah, kini kamar dan rumahmu sudah jauh lebih rapi bukan?

Senang bukan melihat suasana kamar atau ruang yang kini lebih rapi. Semoga pikiran dan hatimu menjadi lebih lapang dan rileks. Aamiin. Selamat mencoba!

Love,

Bubund