Jenis Kain Yang Wajib Diketahui Ketika Membeli Baju Online

Posted on

Jenis kain atau bahan pakaian akan sangat menentukan kenyamanan ketika digunakan, benar kan bunda?

Pernah kena zonk ketika belanja baju online? Di gambar yang ditawarkan terlihat sangat bagus, eh ternyata yang datang tidak sesuai dengan ekspektasi. Bajunya tipis, nerawang, mirip dengan saringan tahu. Eh 🙊

Pengetahuan tentang beberapa jenis bahan pakaian memang perlu kita ketahui. Kalau kemarin tahunya masih sebatas kain katun, kain kaos, kain satin, kain flanel, ya sekarang sedikit demi sedikit ditambahi lah ya bunda. Bersama Bubund, mari kita belajar bersama-sama. Hihihi…

Tipe-tipe kain untuk bahan gamis
Tipe-tipe Kain Yang Wajib Diketahui

Tidak semua orang bisa berbelanja langsung di toko karena berbagai alasan. Mempunyai beberapa balita misalnya. Duh, yang namanya belanja baju, nggak harus belanja yang banyak deh, mau beli satuuuuu aja baju yang cantik buat kondangan, susyaaah. Baru sebentar ambil baju yang warna biru, eh si balita sudah main petak umpet diantara gantungan baju-baju. Waaaaa, lucunya mereka. Bubund jadi ilang fokus, malah ikutan main petak umpet deh. 😅.

Lain lagi ceritanya. Yang namanya ibu-ibu itu barangkali memang ditakdirkan untuk menyukai dunia shopping. Ngakunya belanja bentar, nggak tahunya milih-milih aja dah habisin waktu 3 jam. Belum antri bayarnya. Wis laaaahhh daripada suami dan anak-anak manyun bimoli, bibir monyong lima senti? Bubund terkadang pilih belanja baju online aja. Mau pilihnya sampai 5 jam, asal urusan rumah tangga nggak keteter, terutama anak-anak. Suami nggak bakalan protes.

Tapi masalahnyaaaaaa.

Baju online itu kan nggak bisa dipegang langsung. Beda gitu sama kalau belanja di tokonya langsung. Bisa dipegang-pegang, dirasain bahannya. Kira-kira nyaman nggak? Adem nggak? Mudah lecek nggak? Meski nggak tahu nama jenis kainnya, ketika sudah dirasa cocok, cus bungkus bawa pulang deh.

Beda sama kalau beli online. Perasaan beli nggak ya – beli nggak ya – beli nggak ya bisa 100 kali muncul di pikiran. Ada perasaan takut nggak sesuai ekspektasi.

Berkali-kali lihatin review yang sudah beli.

“Ini real pict kan sis?”

“Ini bahannya apa? Adem nggak kak?”

“Nganu, itu bahannya katun jepang asli kan say? Beneran ada tulisannya japan design?”

Daaaaaaaaan lain-lain (ketahuan ya kalau Bubund suka belanja online? 😄😄😄😄)

Bahan kainnyanya apa? Itu yang paling sering ditanyakan oleh pembeli. Oleh karena itu, Bubund tuliskan sedikit beberapa jenis bahan yang sering digunakan untuk baju online. Biar nggak kena Zonk kalau belanja baju online.

Kain Maxmara
Kain Maxmara

Kain Maxmara

Kain Maxmara ini sekarang sedang banyak digemari. Sutra satin begitu kebanyakan orang menyebutnya. Bahannya halus dan lembut mirip sutra, serta ringan dan jatuh seperti satin. Permukaannya glowing, bukan mengkilap seperti satin biasa. Kain maxmara juga tidak menerawang, mudah dibentuk serta tidak mudah kusut sehingga ini menjadi salah satu jenis kain yang disukai oleh para hijabers. Kenapa?

Karena ini adalah jenis kain untuk dress, jenis kain untuk gamis serta jenis kain untuk hijab. Sangat cocok, terlihat mewah dan elegan.

kain Rayon
kain Rayon

Kain Rayon

Jenis kain untuk gamis sehari-hari adalah salah satu peruntukannya. Tekstur kainnya halus dan agak licin. Meski cenderung mudah kusut, kain rayon yang disebut juga kain santung ini adalah digunakan untuk pembuatan daster. Nah, pasti bunda sudah familiar kan? Nyaman dan adem. Jatuh dan goyor serta mudah menyerap keringat. Ini adalah jenis kain untuk hijab dan kain untuk mukena.

Kain Katun Ima
Kain Katun Ima

Kain Katun Ima

Bubund mengenal kain ini ketika membeli hijab persegi. Ini adalah jenis kain untuk hijab. Karena jenis katun, tentu saja kain ini mempunyai daya serap keringat yang tinggi. Bahannya juga halus dan tidak berbulu pada permukaannya. Meski termasuk jenis kain yang mudah kusut, namun warnanya awet dan tahan lama. Oiya, pastikan untuk menyimpannya dengan benar ya bunda. Disimpan dalam keadaan benar-benar kering dan tidak lembab karena kain katun ima rentan terkena jamur.

Kain Crepe
Kain Crepe

Kain Crepe

Ini adalah tipe kain yang adem, nyaman, dan mudah dibentuk makanya Bubund rekomendasikan sebagai bahan kain untuk hijab. Bagus deh bunda. Jenis kain untuk gamis serta kain untuk dress juga tentunya. Teksturnya yang lembut, jatuh, serta nampak serat-seratnya, tebal, tidak menerawang namun tetap adem. Ditambah lagi, bahan stretch mekanik 4 sisi. Siapa yang tidak kepincut dengan gamis dari bahan ini?

kain katun jepang
kain katun jepang

Kain Katun Jepang

Wah, siapa yang belum memiliki gamis dan pashmina dari bahan kain ini? Atau putri kecilnya belum mempunyai dress cantik berbahan kain katun jepang? Cus, segera beli bunda. Nggak bakal nyesel. Jenis kain untuk dress, jenis kain untuk gamis, jenis kain untuk hijab, jenis kain untuk mukena, jenis kain untuk piyama. Tuh kan, banyak sekali peruntukan kain ini bunda. Jenis kain untuk sprei juga, nah loh. Gimana nggak banyak? Dengan karakteristiknya yang terbuat dari 90%-100% katun kualitas premium, warnanya glossy, awet, tidak mudah pudar dan luntur, daya serap keringat lebih bagus dibandingkan kain katun lainnya. Jadi wajar dong ya kalau jenis kain ini menjadi pilihan pertama Bubund kalau membeli gamis. Enakeun plus nggak kuat bund lihat motif-motifnya yang bagus-bagus. Kalaaaapppp minta diborong semuanya.

kain linen
kain linen

Kain Linen

Untuk pakaian, ini jenis kain untuk tunik, jenis kain untuk atasan baju. Jenis kain untuk rok juga bagus. Cenderung tebal, kaku namun halus. Dengan teksturnya yang berserat, jatuh namun tidak goyor. Bisa juga loh untuk aplikasi dan craft bagi yang menyukainya.

jenis kain ceruti
jenis kain ceruti

Kain Ceruti

Bubund merekomendasikan jenis kain ini bila bunda mau membeli khimar instant atau pashmina. Teksturnya yang tipis, lembut dan elastis cocok bila menjadi salah satu jenis kain untuk hijab yang banyak diminati. Bisa untuk gamis nggak Bubund? Uhmmm, kalau untuk gamis kurang cocok ya bunda. Perlu tambahan furing, karena agak menerawang.

kain jersey
kain jersey

Kain Jersey

Pernah tidak bunda, membeli baju online di toko A namun ternyata yang datang berbeda dengan baju yang pernah kita beli di toko B? Padahal dua-duanya menyebutkan bahannya sama, jersey. Tapi kok berbeda? Dengan karakter kain yang halus, elastis, tidak berbulu, ringan dan jatuh wajar saja jika banyak produsen memilih kain ini sebagai jenis kain untuk gamis yang diproduksinya. Namun jangan salah, kain jersey banyak macamnya bunda, harga akan menentukan kualitas barang. Jadi wajar jika meskipun sama-sama menyebutkan berbahan jersey, namun kualitasnya kok berbeda. Oiya, jika membeli gamis berbahan jersey, biar tidak zonk. Pilihlah satu ukuran lebih besar dari ukuran baju bunda biasanya ya.

kain chiffon
kain chiffon

Kain Chiffon

Kain yang tipis, halus, jatuh melayang, cocoknya buat apa bunda? Benar ini adalah jenis kain untuk hijab atau scarf/syal. Dibuat bolero juga bagus, nampak elegan. Karena kain ini begitu transparan dan mempunyai sifat mudah menyerap warna, pastikan saat mencuci dipisahkan dan kucek-kucek cantik dengan tangan saja. Karena kalau dicuci dengan mesin bisa rusak, kan sayang syal cantiknya jadi rusak kalau benangnya lepas atau ketarik.

jenis kain balotelli
jenis kain balotelli

Jenis Kain Balotelli

Jenis kain untuk gamis. Apalagi Balodior, kain balotelli yang memiliki motif. Cantik bangeeeeeet dibuat gamis. Masih ingat kan bunda, gamis syar’i Lyra Virna kemarin yang ngehits? Yang berbahan balodior itu. Bubund kehabisan 😭. Wajar ding, dengan karakter kain yang tebal namun ringan, kain lemas jatuh namun tidak goyor, serat kain rapat dan tidak terawang. Memang menjadi pilihan tepat untuk berbusana gamis yang syar’i. Mau balotelli polos maupun bermotif, sama bagusnya.

kain cotton combed
kain cotton combed

Kain Cotton Combed

BACA JUGA  3 Inspirasi Desain Cara Membuat Rak Buku Dari Kardus Bekas Kelas Dunia

20s? 24s? 30s? Atau 40s?

Kalau membeli kaos, biasanya ada keterangan ini kan? Ukuran apa sih ini? Hihihi. Ini ukuran ketebalan bahan bunda. Semakin kecil angkanya, maka semakin tebal bahannya. Sedagkan “s” dibelakangnya itu artinya “single knite” atau jarum tunggal. Cotton combed adalah jenis kain untuk kaos karena kelebihannya dalam menyerap keringat, adem alias tidak panas saat dipakai, mudah disablon, tidak mudah kusut dan robek saat dicuci.

kain wolfis
kain wolfis

Kain Wool Peach / Kain Wolfis

Jenis kain untuk dress, jenis kain untuk gamis, jenis kain untuk hijab wajar jika disematkan untuk kain wolfis. Kain tidak licin, tidak terawang, tidak mudah kusut, mudah disetrika, tebal namun ringan, bisa jadi rekomendasi kalau mau bikin gamis seragam kelompok pengajian di RW masing-masing.

Nah, begitulah bunda-bunda sekelumit bahan kain yang biasanya dipakai atau dicantumkan pada keterangan bahan kalau membeli baju secara online. Setidaknya dengan kita memahami berbagai jenis kain, kita tak perlu worry lagi akan terkena zonk saat membeli baju via online.

Jadi, masih takut belanja baju online?

Love, Bubund