[*~ alt *]

Yuk Kenali Ciri-Ciri Hamil Anak Kembar ! Ternyata Bisa Diketahui Sejak Dini Lho Bunda

Diposting pada

Ciri-ciri hamil anak kembar tidak bisa dideteksi ketika kehamilan masih di awal minggu, akan tetapi Anda sebagai ibu tentu bisa merasakan beberapa hal tentang hamil bayi kembar. Memang, melahirkan bayi kembar adalah idaman semua orang. Sebab, sekali hamil sudah mendapatkan dua atau tiga anak sekaligus. Namun, tentu saja ada berbagai persiapan yang dibutuhkan.

Menurut data, dari 250 kehamilan, hanya satu kasus menunjukkan kehamilan bayi kembar, sedangkan pada 10.000 kehamilan, hanya satu yang menunjukkan kembar tiga atau triplet. Faktor utamanya adalah pengobatan infertilitas yang dapat meningkatkan potensinya. Selain itu, faktor lainnya adalah keturunan, ras, usia dan juga riwayat kehamilan. Nah, jika anda sedang hamil, alangkah lebih baik mengetahui ciri-ciri hamil anak kembar untuk bisa mendeteksinya.

ciri-ciri hamil anak kembar
ciri-ciri hamil anak kembar, Gambar via Pixabay

1. Morning Sickness
Calon ibu yang memiliki keluhan morning sickness yang luar biasa, adalah salah satu tanda hamil kembar di awal kehamilan. Selain mual, muntah, pusing, ada banyak lagi keluhan yang terjadi sebagai tanda kehamilan.
Mengapa seseorang yang hamil kembar mengalami morning sickness yang lebih berat? Hal ini terjadi karena Hormon Gonadotropin Chorionic (HCG) yang lebih tinggi ketika hamil kembar, dan kemudian akan berkurang ketika memasuki usia kandungan 12 sampai 14 minggu.

Jika anda mengalami morning sickness yang benar-benar menyiksa, dan merasakan bahwa kehamilan kali ini cukup berat, maka cobalah periksakan kehamilan anda.

BACA JUGA  Cara Menurunkan Panas Anak

2. Bercak Darah
Bercak darah adalah hal yang umum terjadi ketika hamil, bahkan tidak sedikit orang yang mengalami flex ketika hendak melahirkan. Hal ini adalah hal yang alami karena terdapat dinding rahim, terutama di bagian implantasi embrio. Pada kehamilan bayi kembar, seseorang bisa mengalami flek bercak darah yang cukup banyak.

3. Berat Badan Pada Masa Kehamilan
Saat hamil kembar, anda bisa lebih berat mencapai 15 lbs lebih dibandingkan kehamilan tunggal yang hanya 30 lbs. Hamil kembar menjadi semakin berat karena usia janin yang muda pun terus berkembang.

4. Glukosa Darah Tinggi
Preeklamsia adalah gangguan kehamilan yang sering terjadi. Kondisi ini bisa terjadi dengan resiko yang lebih tinggi pada kehamilan kembar. Kondisi tersebut muncul karena glukosa darah tinggi dengan adanya diabetes. Kemudian, tekanan darah tinggi serta preeklamsia bisa menjadi masalah serius untuk ibu dan janin.

5. Detak Jantung Bayi
Kapan bayi kembar bisa dideteksi? Ketika memasuki usia kehamilan 12 minggu, biasanya pemeriksaan oleh dokter kandungan dapat mendeteksi dua detak jantung yang terpisah cukup jauh. Apalagi ketika sudah memasuki usia kehamilan 28 minggu, dokter kandungan bisa membedakan adanya dua kepala didalam rahim.

6. Bentuk Perut
Dari bentuk perut saja, anda pun bisa mendeteksinya sendiri. Wanita yang sedang mengandung bayi kembar akan memiliki bentuk perut yang cukup besar, sehingga benar-benar berbeda dengan janin tunggal. Kondisi ini terjadi karena terdapat dua janin di dalam.

BACA JUGA  Sebaris Kisah Tentang Kekasih Hatiku

7. Ultrasonografi
Dari ultrasonografi (USG), hasil usg bayi kembar 2 bulan sudah bisa dilihat. Alat ini memiliki keakuratan hampir 100%. Pemeriksaan USB bisa membantu mendeteksi dua detak jantung pada dua janin.

Ciri-ciri hamil anak kembar memang akan lebih akurat hasilnya jika anda menggunakan alat-alat medis yang mendukung, bukan asal menebak saja. Jika anda melihat ciri-ciri di atas, kemudian merasa sakit di bagian payudara, terdapat gerakan bayi lebih cepat, dengan bentuk perut yang sangat besar karena adanya dua janin, maka anda pun bisa segera melakukan USG untuk memastikan kehamilan anda. Semoga bermanfaat!

sumber: https://mediskus.com/wanita/ciri-ciri-hamil-anak-kembar