Cara Membuat Seblak Kuah

Posted on

Resep masakan kali ini dipersembahkan oleh Bubund yang ngiler lihat postingan foto kakak ipar di media sosialnya. Lihat foto masakan kakak kok kelihatannya pedes-pedes enak, cocok dimamam pas lagi hujan-hujan seperti ini. Nggak pakai lama langsung telepon, nanya itu makanan apa yang diposting kakak? Beli apa bikin sendiri? Bubund kepengen, jadi kakak harus tanggung jawab. Laaaahhh. Seenaknya aja ya Bubund tuh, mentang-mentang punya kakak yang baik buanget. Namanya Seblak, terus Bubund diajarin dong bagaimana cara membuat seblak kuah via telepon. Uhuy, kebetulan Bubund habis bikin kaldu ceker buat MPASI little B. Bikin ah…

Ini Seblak pertama bikinan Bubund, sebelumnya belum pernah bikin maupun nyicip. Jadi kalau ada bunda-bunda yang bernasib sama seperti Bubund, penasaran dengan yang namanya Seblak. Boleh coba resep dibawah ini.

Cara Membuat Seblak Kuah
Cara Membuat Seblak Kuah

Cara Membuat Seblak Kuah
Bahan :
100 gram kerupuk gado-gado
10 buah ceker ayam
400 ml air kaldu ceker
1 butir telur, kocok lepas
½ sdt kaldu ayam bubuk
1 sdt gula pasir (sesuai selera)
Garam (sesuai selera)

Bumbu :
4 buah cabai rawit (disesuaikan selera saja pedasnya ya bunda)
5 buah cabai merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari kencur, pilih yang agak besar

Cara Memasaknya :

1. Membuat kaldu ceker

  • Cuci bersih ceker ayam. Hilangkan kuku-kunya dan kulit kasar yang menempel. Tiriskan.
  • Panaskan air kurang lebih 1-1,5 liter dalam dandang dan masukkan ceker. Tambahkan 2 ruas jahe, 1 buah wortel, ½ siung bawang bombay, sledri, dan daun bawang.
  • Masak hingga air mendidih.
  • Setelah mendidih, buang busa-busa yang ada di permukaan air. Kecilkan apinya, kalau bisa apinya keciiiiil sekali. Tutup dandang, jangan diaduk-aduk ya bunda.
    Rebus hingga air menyusut.
  • Matikan apinya.
  • Ambil cekernya. Ambil kaldu ceker 400ml (untuk resep ini) dan sisanya bisa disimpan. Ini kaldunya bening dan gurih.
BACA JUGA  Cara Buat Cimol Anti Bledag Bledug

2. Membuat bumbu seblak

  • Haluskan bumbu yang telah dituliskan diatas. Kalau diuleg lebih keluar rasa bumbunya. Selera saja sih, kalau males uleg mau diblender saja ya monggo, silahkan.
  • Catatan : jika bunda suka rasa pedas yang bisa bikin bibir jontor dan ndower, tambahkan saja jumlah cabai rawitnya.

3. Membuat Seblak

  • Rendam kerupuk gado-gado dalam air panas.
  • Panaskan minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang dan harum. Kalau belum matang, baunya langu.
  • Tambahkan kaldu ceker dan cekernya. Aduk-aduk.
  • Tambahkan kaldu bubur, gula pasir, dan garam. Aduk-aduk rata.
  • Tutup dan masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah tidak menyusut. Jadi nanti masih ada kuahnya bunda, pedes-pedes endeus. Koreksi rasanya.
  • Jika rasa sudah dirasa pas, sudah sesuai selera. Masukkan kerupuk gado-gado yang telah mekar karena direndam air panas tadi.
  • Masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Aduk-aduk rata hingga telur matang dan kuah mengental.
  • Sajikan hangat.

Hmmmmmm…baca resepnya aja sudah bikin air liur nyerocos kan bunda? Yuk cus nggak pakai lama segera bikin juga.
Kalau Bubund nggak berani makan yang pedes-pedes, jadi cabai rawitnya cuma seuprit. Cemen ya Bubund 😝.
Kalau bunda pakai berapa cabai rawitnya? Cerita dong cara membuat seblak kuah ala Bunda semua, di kolom komentar ya…

Selamat huh hah huh hah bunda.
Salam bibir jontor kepedesan, Bubund