Cara Membuat Pasir Kinetik atau Pasir Ajaib di Rumah

Diposting pada

Ayah dan Bunda di rumah sudah tahu tentang pasir kinetik belum? Bagaimana cara membuat pasir kinetik sendiri di rumah? mainan ini sedang populer akhir-akhir ini, bermain pasir tapi bisa didalam rumah dan tidak harus panas-panasan ke Pantai, Asyik kan?

Cara membuat pasir ajaib
Cara membuat pasir ajaib

Pasir kinetik adalah mainan pasir anak yang ajaib dan spektakuler yang mempunyai bentuk mirip seperti pasir pantai namun teksturnya lebih halus. Pasir kinetik yang di buat di pabrik menggunakan bahan dengan komposisi 98% pasir dan 2% nya adalah non-toxic synthetic polymer atau polimer sintetik buatan manusia yang tidak beracun. Pasir kinetik hanya menempel pada pasir kinetik itu sendiri dan lebih gampang dibersihkan dibandingkan pasir pantai.

Kali ini Bubund memberikan cara untuk membuat sendiri pasir kinetik di rumah. Bahan yang kita gunakan menggunakan bahan yang mudah dan murah tentunya ada disekiling kita. Simak Videonya ya,langkah-langkah dan cara membuatnya.sangat mudah untuk dipraktekkan bersama si kecil. Selamat mencoba, jangan Lupa di Share untuk bunda yang lain.

Video cara membuat pasir pasir kinetik:

Bahan:

1 Cup Pasir halus (bisa menggunakan Zeolit halus)
1,5 sdm Tepung Jagung
1 sdt Sabun cuci piring
Air secukupnya
Pewarna makanan

Alat:
Mangkuk
Sendok untuk mengaduk

Cara membuat pasir kinetik:

1. Campurkan pasir dengan tepung jagung. Aduk hingga rata
2. Tambahkan sabun cuci piring sebanyak 1 sendok teh dan air secukupnya kemudian aduk hingga tercampur merata.
3. Masukkan pewarna makanan secukupnya, lalu aduk lagi hingga tercampur rata dan sesuai warna yang diinginkan.
4. Diamkan dan biarkan kering selama 1-2 jam
5. Pasir ajaib siap dimainkan.

Baca Juga: Cara sederhana dan mudah membuat Slime sendiri

BACA JUGA  Ajaib! Bersihkan Kulkas Dengan You C 1000, Bikin Kulkas Wangi dan Seperti Baru Lagi
fakta pasir kinetik atau pasir ajaib
Fakta pasir Kinetik

7 Fakta Tentang Pasir Ajaib ini:
1. Apakah pasir ajaib ini aman untuk anak-anak?
Pasir ajaib atau pasir kinetik yang dibuat secara pabrikan sudah ada jaminan non toxic dan anti bakteri. Sehingga pasir kinetik aman untuk dimainkan karena higienis dan lulus standar mainan untuk anak-anak.

Pasir ajaib yang kita buat sendiri dirumah, masa simpannya tentu lebih pendek, karena dibuat dari bahan organik. Saat membuatnya, pastikan dari bahan-bahan yang bersih dan selalu dalam pantauan orang tua ketika dimainkan. Ketika sudah terjadi perubahan bau dan warna, pasir kinetik sebaiknya dibuang untuk diganti dengan yang baru.

2. Pasir kinetik mudah dibersihkan
Sifat dari pasir kinetik adalah hanya menempel antara pasir itu sendiri, sehingga tidak menempel ditangan. Struktur fisiknya lebih lembut dibandingkan pasir biasa. Pasir kinetik mudah dimainkan menggunakan tangan biasa maupun menggunakan alat cetakan. Secara umum, bermain dengan pasir kinetik menyenangkan karena sifat alaminya yang tidak menempel di tangan maupun alat cetak, sehingga mudah dibersihkan.

3. Aturan penggunan pasir kinetik
Cuci tangan anak-anak dengan sabun sebelum bermain pasir ajaib ini. Keringkan tangan sebelum memegang pasir. Tujuannya adalah agar pasir kinetik tetap higienis dan menjaga kebersihan serta kesehatan anak.

4. Jangan sampai pasir kinetik terkena air
Jaga pasir kinetik tetap kering dengan menghindari terkena percikan air. Air akan meningkatkan kelembapan yang dapat memicu munculnya bakteri pada pasir kinetik. Selain itu, air dapat merusak struktur pasir kinetik itu sendiri. Apabila terlanjur terkena air, segera keringkan pasir dibawah sinar matahari.

5.Pasir kinetik sebaiknya dimainkan untuk anak usia 3 tahun keatas
Pasir kinetik dengan warna-warni menarik dan struktur yang kecil nan lembut sangat rawan jika dimainkan anak usia dibawah 3 tahun karena dapat tertelan. Anak usia diatas 3 tahun biasanya sudah tidak suka memasukkan mainan ke mulut sehingga relatif lebih aman.

BACA JUGA  Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral Dalam 7 Langkah

Anak usia 3 tahun keatas memiliki kemampuan berpikir dan menerima nasehat lebih baik. Selain itu sudah bisa bermain secara mandiri maupun bersama temannya. Tetap dampingi anak-anak ketika bermain pasir kinetik ini ya Bunda.

6. Bermain pasir kinetik melatih motorik halus anak
Bermain pasir kinetik sebagai aktivitas mengasah motorik halus anak. Anak belajar menggenggam dan mengambil butiran kecil pasir. Anak dapat merasakan sensasi lembut dengan rabaan dan genggaman.

7. Bermain pasir kinetik melatih kreativitas anak
Bermain pasir kinetik mampu merangsang daya berpikir anak. Bermain pasir membantu mengembangkan daya imajinasi kreatifnya. Anak bebas membuat apa saja menggunakan pasir dan alat cetaknya. Pasir kinetik yang mudah dibentuk membuat anak bebas berkreasi sesuai imajinasinya. Warna-warni pasir kinetik yang beraneka rupa menimbulkan daya tarik tersendiri bagi anak.

Demikian 7 fakta bermain menggunakan pasir ajaib alias pasir kinetik ini, Jika orang tua meluangkan waktu untuk bermain pasir bersama anak tentunya dapat meningkatkan kedekatan hubungan emosianal orang tua dan anak lebih baik lagi. Selamat mencoba cara membuat pasir kinetik sendiri dan selalu temani buah hati Anda bermain bersama.

Salam

Bubund