Cara Membuat Nuget Ayam

Cara Membuat Nuget Ayam Homemade Yummy Ala Bubund

Posted on

Selamat pagi bunda, mau masak apa hari ini? Bubund lagi ingin bikin cemilan untuk si kecil nih, maklum Little B lagi mogok makan nasi dan karbo-karbo lainnya. Tapi Alhamdulillah masih mau makan yang lain sih, bosen karbo mungkin, jadi Bubund harus pinter-pinter membuat variasi makanan nih, biar Little B nggak bosen.

Buka kulkas ada daging ayam, wortel, krupuk, dan daun bawang. Bikin apa ya bund? Apa bikin naget ayam aja? Hmm bagaimana cara membuat nuget ayam ya? Soalnya kemarin Little B bunda cobain nuget F**ST* dan mau, lagi-lagi dicemil gitu aja nggak pakai nasi. Syediiih. Dan kebetulan Bubund juga habis nemu resep nuget yang sepertinya enak dan bahan yang digunakan berbeda dengan resep-resep nuget pada umumnya. Bubund penasaran dengan rasanya, jadi disimpan deh resepnya. Mungkin pagi ini saatnya bereksperimen bikin nuget ayam buat Little B. Siapin mental dulu, secara Bubund itu nggak jago masak. πŸ˜…

Okesip. Jadi hari ini Bubund mau masakin Little B nuget ayam aslik bikinan Bubund. Homemade nih Boy, pasti kamu syuka ya nak. HOMEMADE!! Yeay! Entah kenapa kalau ngomongin yang homemade-homemade gitu jadi semangat 45. Ya gimana nggak semangat? Sebagai istri dan ibu yang sholihah minal minul, Bubund merasa keren aja kalau habis bebikinan gitu. Bunda-bunda iya juga nggak sih? 😎

Tiap habis bebikinan trus Bubund dihias-hias ala-ala foto resep masakan di majalah-majalah gitu, meski kadang ekspektasi tak sesuai realita. Jauh beda dengan yang foto yang dicontek. Tapi biarin. Lalu centil-centil ditunjukin ke suami sambil bilang β€œthis is it! Cooked vegetables with peanut sauce ala Bubund”, keren ya bunda, berasa cheff-cheff profesional di tipi-tipi itu. Padahal Bubund cuma bikin pecel, rebus-rebusin sayuran trus sambel kacangnya beli jadi di Mang Sayur. Biasanya atau malah seringnya suami senyum, dipuji gitu, seneng Bubundnya trus Bubund dapat bonus kecup sayang di pipi. Ah Bubund lemah, meleleh. Jadi pengen masak terus. 😘😘😍😍. Abaikan. 😁

Nah, malah ngelantur Bubundnya. Back to topic. Homemade. Membuat makanan homemade memang banyak kelebihannya ya bunda. Jelas, ini adalah buatan kita sendiri. Bahan bisa disesuaikan keuangan di dompet dan rasa bisa disesuaikan dengan selera lidah masing-masing. Dan yang pastinya lagi terjamin sehat dan higienisnya. Masih ingat kan ya bun, berita dan foto-foto yang akhir-akhir ini bersliweran di media sosial . Bagaimana pemberitaan proses pembuatan nuget, bakso, sosis, saos yang dicampuri bahan ini itu nggak jelas, apa maksudnya coba? Mengeruk pundi-pundi uang kok segitunya ya? Sudah bahan bakunya bikin bulu kuduk meremang, proses pembuatannya itu loh. Haduh, bikin bulu kuduk yang tadi sudah meremang jadi berdiri gagah seperti pasukan TNI yang siap membela NKRI. Merdeka! πŸ’‚πŸ’‚πŸ’‚

BACA JUGA  Cara Membuat Lava Cake Lezat dan Istimewa Hanya 7 Menit !

Cukup sulit bagi kita untuk mengetahui dan mendeteksi kandungan bahan dalam suatu makanan, lah bahan-bahan pembuatnya sudah tercampur begitu. Bahannya sudah dalam kondisi digiling, dicincang, diaduk, dibumbui, dan dicetak dengan model-model yang lucu. Kadang aja Bubund gemesh sendiri lihat makanan yang dibentuk lucu-lucu gitu, apalagi anak-anak kecil yang tentunya nggak kepikiran itu pakai pewarna apa, gimana proses pembuatan-nya. Bikin worry sendiri kalau mau kasih makanan/jajanan ke anak.

Makanya mending bikin makanan homemade aja ya bunda, makanan bikinan bunda-bunda sendiri. Kadangkala ingin jajan ya nggakpapa, asal jangan sering-sering aja. Selain berpotensi bikin dompet tipis, makanan buatan bunda sendiri merupakan salah satu upaya untuk memberikan makanan sehat dan higienis untuk keluarga di rumah. Lebih menyenangkan lagi kalau resep makanannya mudah, lezat, bahan mudah di dapat disekitar kita (warung tetangga maksudnya) dan murah, jadi ramah di dompet.

Dan resep nuget ayam ini sepertinya mudah. Tinggal cemplung-cemplung, campur, aduk-aduk, kukus, jadi deh. THIS IS IT!

Yuklah, daripada Bubund cas sis cus rauwis-uwis. Kita mulai aja bikin nuget ayamnya. Namanya saja Bubund cuma mengadaptasi ya bunda, jadi nggak plek banget seperti resep aslinya. Bubund sesuaikan bahan yang ada di kulkas pagi itu, bunda juga bisa sesuaikan sesuai selera masing-masing. Jadi ini resepnya yang Bubund buat.

Cara Membuat Naget Ayam
Cara Membuat Naget Ayam
Resep Cara Membuat Nuget Ayam
Bahan :
~ Nuget
500-600 gr dada ayam, diblender atau dicincang
1 buah wortel ukuran sedang, diparut atau diserut pakai serutan keju
Β½ buah bawang bombay, iris halus
3 siung bawang putih, diparut atau diuleg
2 butir telur
2 sdm tepung maizena/tepung sagu/tepung tapioka
Β½ sdt merica bubuk (sesuai selera)
1 sdt garam (sesuai selera)
1 sdm gula pasir (sesuai selera)
1 sdt royco bubuk (optional)
1 sdm kecap ikan
4 sdm quacker oat instan/tepung panir
5 sdm mayones

~ Pelapis
2 butir telur, kocok lepas
Tepung panir secukupnya

BACA JUGA  Cara Membuat Seblak Kuah

Cara Membuat :
1. Siapkan loyang, sesuaikan dengan ukuran dandang pengukus masing-masing. Lalu alasi dengan kertas roti, kalau di toko bahan kue dibilangnya kertas baking. Olesi permukaan kertas roti dengan minyak hingga merata biar nanti nugetnya nggak nempel di loyang.
Kalau nggak ada kertas roti? Boleh pakai alumunium foil atau plastik wrapping nggak? Boleh. Tetap diolesi minyak ya bunda.Setelah loyang siap, sisihkan.

2. Siapkan wadah. Masukkan semua bahan nuget, bahan pelapisnya jangan ya. Masukkan semuanya ke dalam wadah dan aduk rata.

3. Tuang adonan ke dalam loyang. Ratakan dengan spatula. Jika perlu, ketok-ketok pelan agar permukaannya rata dan tidak ada udara yang terjebak dalam adonan. Kalau ada udara yang terjebak dalam adonan bisa bikin nuget ayamnya bolong, nggak padet kenceng. Bolong-bolong berongga.

4. Kukus selama 30 menit atau lebih hingga adonan matang sempurna. Beda ketebalan adonan beda waktu pematangan. Tusuk saja pakai lidi untuk cek kematangan, soalnya kalau adonan kurang matang nanti susah diiris karena bagian dalam nuget masih lembek meski luarnya sudah kering, matang.
Oiya, hampir lupa. Tutup dandangnya dialasi pakai kain ya bunda, biar uap airnya terserap nggak jatuh lagi ke adonan.

5. Setelah matang, angkat dan dinginkan.
Masih tetap di loyang ya. Nanti madet nugetnya. Madet apaan? Madet is adonan nuget jadi padet. πŸ˜‚
Jika sudah benar-benar dingin baik luar maupun dalam (loyang dingin). Nuget bisa dibalik, di wadah yang datar dan diiris-iris. Adonan yang masih hangat kalau diiris-iris akan hancur.

6. Potong-potong nuget sesuai selera. Bisa panjang-panjang seukuran genggaman anak atau dipotong pakai cookie cutter yang lucu-lucu. Sesuai selera bunda saja.
Catatan : kalau mau diiris pakai cookie cutter, wortel untuk campuran adonan sebaiknya diparut halus saja. Kalau diserut kadang nggak kepotong dan nugetnya jadi boncel-boncel nggak cantik. Dan juga, waktu mau dikukus. Dituangnya ke loyang tipis-tipis saja, jangan terlalu tebal ya bunda. Kurang kece jadinya kalau ketebalen. πŸ˜…πŸ˜›
(Kasih poto cookie cutter yang lucu-lucu)

BACA JUGA  Cara Buat Cimol Anti Bledag Bledug

7. Siapkan bahan pelapis.
Masukkan irisan nuget ke dalam kocokan telur, lalu digulingkan ke tepung panir sambil sedikit ditekan-tekan hingga permukaan nuget rata tertutup tepung panir. Kalau menginginkan nuget crispy, celupkan lagi ke telur dan digulingkan kembali ke dalam tepung panir.

8. Siapkan nampan datar, tata nuget mentah tadi ke dalam nampan. Jangan ditumpuk ya bunda, nanti lengket dan nempel-nempel satu dengan yang lainnya. Bekukan di freezer kurang lebih 30 menit.

9. Panaskan minyak. Goreng nuget ke dalam minyak panas kira-kira 2 menit atau sampai nuget terapung. Siap disajikan.

Catatan :
Jika nuget ingin disimpan, setelah dibekukan di freezer (langkah 8) masukkan nuget mentah ke dalam wadah tertutup.

Bisa plastik. Yang food grade ya. Simpan pada masing-masing plastik secukupnya saja, dibagi-bagi gitu kira-kira sekali goreng cukup untuk keluarga bunda. Lalu press. Simpan lagi di freezer. Tinggal goreng kalau pas pengen.Nuget ini aman disimpan 1 bulan dalam freezer.

Nah, mudah kan bunda? Yuk segera bikin juga bareng Bubund! Nanti share juga hasilnya ya cara membuat nuget ayam ala bunda di kolom komentar, biar kita bisa saling berbagi barangkali ada bahan yang di skip atau bahkan malah ditambahi biar endeus ulala.

Selamat mencoba.

Love,
Bubund