Cara Membuat Cuka Apel Sendiri dengan 10 Langkah Mudah

Posted on

Bunda tentu tidak asing dengan buah apel ini. Termasuk salah satunya cuka apel hasil fermentasi dari buah apel. Lalu bagaimana cara membuat cuka apel ini? simak terus yaa.

cara membuat cuka apel
Cuka Apel

Bagi masyarakat, umumnya buah apel hanya dikonsumsi langsung sebagai buah atau campuran sup buah. Rasa manis dan tekstur renyah dari buah apel, membuat siapapun pasti menyukai keunikan rasanya. Ternyata buah satu ini bisa dimanfaatkan untuk membuat cuka apel.

Cuka apel mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan kalium yang tinggi bermanfaat untuk menyuplai kebutuhan kalium harian tubuh kita. Cuka apel juga bermanfaat sebagai obat rematik dan sendi. sehingga cocok dikonsumsi untuk para lansia yang sering mengalami malasah gangguan tulang dan sendi. Bagi penderita diabetes, dapat juga mengkonsumsi cuka apel, karena manfaatnya sebagai pengontrol gula darah. Untuk kecantikan, cuka apel bermanfaat untuk membuat kulit segar dan kencang.

Nah, sekarang bagaimana cara membuat cuka apel sendiri dirumah? Bunda penasaran dengan cara membuatnya? Kali ini Bubund bongkar bagaimana cara membuat cuka apel yang baik dan benar. Hanya butuh 10 langkah mudah untuk membuatnya.

Bahan-bahan yang disiapkan:
1. Buah apel 4 buah
2. Air matang 1 liter
3. Gula pasir 1/4 cangkir, untuk proses fermentasi
4. Cuka apel organik (belum mengalami pemanasan, fungsinya untuk mempercepat proses fermentasi)
5. Toples kaca untuk tempat penyimpanan

Cara membuat cuka apel:

1. Pertama-tama buah apel dicuci bersih, kemudian potong-potong kecil, lalu di masukan ke dalam toples kaca.

2. Menyiapkan larutan gula pasir putih yang dibuat menggunakan air matang , lalu tuangkan kedalam toples yang berisi apel tadi.

3. Tambahkan juga cuka apel organik (jika diperlukan).

BACA JUGA  Cara Membuat Mpek Mpek Telur Puyuh

4. Tambahkan air matang sampai semua apel didalam toples terendam.

5. Jika sudah merata, Tutup toples serapat mungkin, bila perlu bungkus lagi tutupnya dengan kain, lalu ikat dengan kencang.

6. Toples diletakkan di tempat yang hangat dan terhindar cahaya matahari, biarkan proses fermentasi berlangsung selama kurang lebih 2 hingga 3 minggu.

7. Setelah 3 minggu, buka toples, kemudian pindahkan air cuka apel ke toples kaca lainnya yang juga bisa di tutup dengan rapat. Buang potongan apelnya.

8. Aduk kembali air cuka apelnya kemudian tutup rapat kembali. Diamkan lagi selama 2 hingga 3 minggu.

9. Pada saat proses fermentasi yang kedua kalinya, Bunda bisa mengecek dan mencobanya apakah rasa keasaman sudah cukup. Jika dirasa sudah cukup maka cuka apel sudah bisa dikonsumsi.

10. Agar lebih awet, cuka apel yang sudah jadi disimpan didalam lemari pendingin (kulkas).

Demikian Bunda, cara membuat cuka apel sendiri dengan 10 langkah mudah. Jika bunda kesulitan membuatnya, silakan kita diskusi dikolom komentar ya. semoga bermanfaat.