Cara Melukis Henna Sendiri

Posted on

Cara Melukis Henna Sendiri adalah suatu kemampuan yang tidak banyak dimiliki oleh kebanyakan orang. Dibutuhkan jiwa seni yang mumpuni ((((mumpuni!)))) dan ketegasan ketika menggoreskan henna ke permukaan kulit.

Namun bagi makhluk-makhluk cantik seperti Bubund (mari muntah berjamaah πŸ˜…) yang kemampuan seni menggambarnya pas-pasan bahkan cenderung dibawah rata-rata apa terus tidak mampu melukis henna sendiri?

Cara Melukis Henna Sendiri
Cara Melukis Henna Sendiri

Wuiiih, jangan remehkan apa itu β€œthe power of emak-emak” ya. Begitu jurus ini keluar, wuuuusss apa sih yang tidak bisa dilakukan? Semua bisa teratasi. Sombong. Kibas ujung jilbab. Nyangkut di jemuran.πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Sebenarnya, apa sih henna itu?
Henna adalah suatu tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik. Jarang menimbulkan masalah, karenanya itu banyak yang menggunakan nya karena aman. Namun, jika bunda masih ragu-ragu. Bunda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu penggunaan nya kepada dokter kulit. Atau, bunda bisa mencobanya sedikit saja terlebih dahulu. Tes. Oleskan henna sedikiiit saja pada daerah sensitif dan tersembunyi seperti bagian belakang telinga, lipatan lengan, atau bisa juga di bawah lengan.

Lawsonia Inermis, begitu nama latin tumbuhan ini. Dimana pada zaman dahulu, daun nya diracik dipakai untuk mengkilap kan rambut dan menyehatkan kulit kepala. Kalau zaman sekarang kondisioner begitu kali ya. Memang tanaman ini terkenal akan khasiat nya untuk penyembuhan dan terapi.

Selain sebagai bahan terapi, henna juga digunakan untuk mempercantik diri. Dipakaikan pada anggota tubuh dengan pola-pola tertentu. Pemakaian nya bisa sebagai pemakaian sehari-hari atau pada saat acara-acara khusus, seperti pernikahan.

Menurut sejarah penggunaan henna, henna ini digunakan untuk mendatangkan nasib baik bagi pemakainya serta menangkal kejahatan. Oleh karena itu, selain dipakaikan pada calon pengantin (sebelum pernikahan) juga biasa dipakaikan pada waktu sebelum melahirkan atau sewaktu hamil.

BACA JUGA  Warna Lipstik Wardah Untuk Kulit Sawo Matang

Namun apakah pemakaian henna ini harus selalu dipakaikan oleh orang lain? Tak bisakah kita memakainya sendiri? Bisa dong bunda. Ada banyak Cara Melukis Henna Sendiri. Dan bagaimanakah cara tersebut?

1.Menggambar Garis
Berhubung Bubund masih newbie alias pemula, maka langkah pertama yang dilakukan adalah belajar menggambar garis. Tidak mudah loh menggambar garis lurus di tangan kalau tidak terbiasa. Maka latihan dulu, gambar garis-garis. Perlu kemantapan hati setiap menggoreskan henna. Latihan saja, mau vertikal, horizontal, yang lurus, yang bergelombang, latih terus agar tangan terbiasa bergerak lincah menggambar diatas kulit.

2.Belajar Memencet Cone Henna
Bubund serius? Memencet henna saja pakai belajar? Serius dong. Untuk menghasilkan gambar henna yang bagus, kita perlu belajar menggores tebal dan tipis. Artinya kita perlu belajar juga teknik pencet memencet cone henna ini tadi. Sambil memencet, jari-jemari sambil menari, menggoreskan gambar. Nah loh. Latihan yuk!

3.Membuat Tulisan Atau Gambar Tunggal
Setelah piawai menggores tebal dan tipis, belajar membuat tulisan atau gambar tunggal dulu ya. Bisa gambar bunga sepatu, daun, bulu, dan lain-lain. Masih sayang kalau mau langsung mencoba pakai henna? Pakai spidol dulu juga tidak apa-apa, namanya juga masih latihan.

4.Membuat Gambar Henna
Setelah tangan cukup mahir membuat beraneka gambar tunggal. Coba sediakan gambar tangan, dan mencoba gambar yang lebih rumit. Pura-puranya kita sedang menggambar henna di tangan kita sendiri. Cara ini akan melatih tingkat akurasi kita bunda. Belajar jangan sampai garis henna melebihi batas.

5.Menggambar Henna di Tangan
Ini dia puncak dari Cara Melukis Henna Sendiri yang sedari tadi ditunggu-tunggu. Menggores kan henna di kertas dan di tangan asli tentu sangat-sangat berbeda. Kertas halus, kulit memerlukan kecermatan tersendiri karena permukaannya yang tidak rata dan kadang tangan yang sedang digambar tiba-tiba bergerak, tercoret deh. O ouw! Tak apa, justru di situlah seninya.

BACA JUGA  Lipstik Purbasari Warna Peach Untuk Riasan Natural Di Hari Raya

Latih dan latih terus. 2-3 hari, insyaAlloh sudah mahir. Tangan dan hati sudah tidak kagok lagi menggoreskan henna di tangan sendiri maupun tangan orang lain. Dengan latihan rutin setiap hari, siapa tahu bunda bisa jadi henna artist. Aamiin. 😎. Untuk video melukis henna sendiri bisa dilihat di bawah ini:

Jadi bunda-bunda semua, begitulah kira-kira Cara Melukis Henna Sendiri. Bubund sertakan juga beberapa gambar pola henna sederhana. Mana yang bunda suka dan mau dicoba untuk latihan? Yuk dipilih dipilih dipiliiiiiihhh.

Contoh lukisan henna_2
Contoh lukisan henna_2
Contoh lukisan henna_1
Contoh lukisan henna_1

Love, Bubund