Cara Buat Bakso Ayam Homemade

Posted on

Bubund tidak anti dengan Cara Buat Bakso Ayam yang beredar di luaran atau yang dijual abang-abang tukang bakso ya bunda, wong kadang-kadang masih suka beli bakso di warung langganan. Etapi kalau bisa buat bakso sendiri di rumah kan rasanya senang sekali ya bunda. Rasanya tuh keahlian masak bertambah gitu, biar siklus masakan bubund juga nggak berputar-putar aja di nasi goreng, telor ceplok, dan sop. Hehehe maafkan istrimu yang belum pintar masak ini ya paksu. #sungkemsuamik

cara buat bakso ayam
bakso ayam homemade

Resep Cara Buat Bakso Ayam Homemade ini bubund mencontoh dan mengikuti salah satu resep yang ada di media sosial (by Susi Agung). Dengan sedikit jurus gubah sana gubah sini menyesuaikan isi kulkas. Recook kalau istilah kerennya, halah. Jeng jeeeeng jadilah si bakso ayam homemade yang yummy. #mujidirisendiri #biarin 😁

Yuk, nggak pakai lama kita praktikkan saja Cara Buat Bakso Ayam Homemadenya.

Pertama, kita tangkap 🐔 terlebih dahulu. Lalu disembelih, jangan lupa baca basmallah dulu yaaaa bunda.

Haduh bubund, yang bener dong bagi resepnya.

Iya-iya bunda. 😅

Baca juga: cara membuat mpek mpek

Cara Buat Bakso Ayam Homemade

Bahan bakso ayam :

1 kg paha ayam yang telah dibuang kulit dan tulangnya

4 siung bawang putih

6 sdm air es (yang dari freezer, tapi belum membeku. Baru ½ beku. Air es yang dingin sekali lah bunda)

250 gram tepung sagu tani

3 butir putih telur

1 sachet royco ayam

1 sachet merica bubuk ladaku

Garam secukupnya

bahan-bahan bakso ayam
bahan-bahan bakso ayam

Bahan kuah bakso :

Bumbu kuah (dihaluskan) :

3 siung bawang putih

½ sendok makan merica butiran

¼ buah pala

Minyak goreng untuk menumis

2 liter kaldu ayam

2 batang daun bawang

1 sachet royco ayam

½ sendok makan bawang putih goreng

Gula dan garam secukupnya

cara bikin pentol bakso
bahan membuat pentol bakso

Bahan pelengkap :

BACA JUGA  Cara Buat Cimol Anti Bledag Bledug

Soun

Sawi

Bawang goreng

Sambal rawit

Saos botolan

Kecap

Baca juga: Cara membuat nuget ayam homemade

Cara Buat Bakso Ayam :

  1. Cuci bersih daging paha ayam, buang kulit dan tulangnya serta diiris-iris kecil biar gampang digiling. Sebenarnya di resep asli menggunakan daging dada ayam, namun karena pas belanja kehabisan dan adanya paha ayam. Yuwislah, cus markicus eksekusi aja pakai daging paha.
  2. Setelah dicuci bersih, tiriskan.
  3. Masukkan daging ayam yang telah ditiriskan ke dalam wadah dan bekukan dalam freezer semalaman. Sisihkan.
  4. Masukkan irisan daging ayam ke dalam food processor. Tambahkan juga bawang putih utuh dan air es. Haluskan. Kalau nggak ada food processor bagaimana? Pakai blender juga nggakpapa bunda. Hanya sedikit lama karena serat ayamnya sering nyangkut-nyangkut, jadi sebentar-bentar harus dicek biar pisau blendernya juga nggak rusak. Untuk menghasilkan bakso yang lembut, pastikan daging tergiling dengan benar-benar halus ya bunda.
  5. Biar efisien waktu, panaskan air dalam panci yang besar. Nanti untuk merebus bulatan baksonya. Sisihkan.
  6. Nah, sambil menunggu airnya panas, masukkan gilingan daging ayam ke dalam wadah. Kemudian tambahkan tepung sagu, putih telur, royco, merica bubuk, dan garam. Aduk dan uleni sampai rata.
  7. Setelah air mendidih, matikan apinya.
  8. Lalu bentuk bulat-bulat adonan baksonya dan dimasukkan ke dalam air mendidih. Mau dibentuk bulat-bulat dengan tangan atau sendok, terserah saja. Mau dibentuk lucu-lucu dengan cookie cutter juga boleeeeh, nanti jadinya Cara Buat Bakso Ayam kekinian. Dibungkus kulit pangsit, diisikan ke dalam tahu. Sok atuh, terserah bunda-bunda. Lakukan hingga adonan habis ya.
  9. Setelah adonan habis, nyalakan kembali apinya dan masak bakso hingga matang, tandanya bakso matang yaitu bakso mengapung di permukaan.

    bumbu-bumbu bakso ayam
    Pentol bakso
  10. Siapkan wadah yang berisi air es dan es batu-nya. Sisihkan.
  11. Angkat bakso yang telah mengapung, tiriskan, dan segera masukkan ke dalam wadah yang berisi air es dan es batu tadi. Lah, biar apa? Biar baksonya kenyal dan lembut meski tanpa tambahan pengenyal.
  12. Angkat baksonya dan tiriskan.
  13. Bubund bikin kuahnya dulu. Uleg halus bumbu kuah. Kemudian ditumis hingga bumbunya matang.

    bikin kuah bakso
    bikin kuah bakso
  14. Masukkan tumisan bumbu ke dalam kaldu ayam.
  15. Masak kaldu dengan api kecil sambil ditambahkan royco, gula dan garam.
  16. Jangan lupa dicicip bunda. Bila rasa kuah sudah pas, tambahkan daun bawang dan bawang putih goreng.
  17. Siapkan mangkok, tata soun, sawi, dan taburi dengan bawang goreng. Lalu siramkan kuah baksonya.
  18. Siap dihidangkan bersama sambal rawit, saos, dan kecap.
bakso ayam homemade
Taraa selesai baksonya

Yuhuuuuuu, selesai juga kan Cara Buat Bakso Ayam Homemadenya?

Dan Cara Buat Bakso Ayam Homemade ini manjur banget mengembalikan nafsu makan anak-anak kalau pas lagi susah makan. Kadang bubund tambahi irisan wortel atau brokoli rebus, hihihi. Selalu habis bahkan kadang minta nambah.

Oiya bunda, kan dengan Cara Buat Bakso Ayam Homemade ini baksonya jadi banyak tuh. Untuk menyimpannya, masukkan bakso ke dalam plastik seal, dibagi-bagi kira-kira 10 butir bakso per plastik. Lalu dimasukkan ke dalam freezer. Dengan dibagi-bagi begini, bakso lebih tahan lama.

Baca juga: Cara membuat seblak kuah

Dan untuk kuahnya, jika ada rencana mau disimpan. Waktu kuah sudah mendidih dan belum dimasukkan daun bawang dan bawang putih gorengnya, bunda ambil dulu kuahnya. Didinginkan suhu ruang, kemudian masukkan ke dalam plastik es dan dibekukan ke dalam freezer. Tempeli sticker anti air, tulis tanggal pembuatannya. Siap deh stock kaldu baksonya. Tinggal dipanaskan kalau mau dimakan.

Mudah bukan bunda Cara Buat Bakso Ayam Homemadenya?

Yuk segera praktik, dan tentu saja terima kasih banyak untuk bunda Susi Agung yang telah berkenan berbagi resepnya. Semoga bermanfaat untuk bunda-bunda semua. Aamiin.

 

Love, bubund

Resep diadaptasi dari Cookpad